tips backpacker

Tips Seorang Backpacker

Backpacker adalah istilah wisatawan yang melakukan perjalanan dengan biaya pas-pasan. Prinsipnya adalah melakukan efisiensi di sana-sini sehingga biaya yang minim akan mencukupi selama perjalanan liburan yang dilakukan.

Wisata backpacking memang memberikan sensasi tersendiri,namun sebelum melakukannya beberapa poin harus diperhatikan bagi backpacker pemula :

tips backpacker

1. Gunakanlah carrier bag

Memang backpacking ini tak bisa dilepaskan dari ransel. Tas jenis ini memang efisien dan praktis. Anda tidak usah repot-repot menyeret koper ukuran besar atau menenteng beberapa tas ukuran kecil. Jika rencana liburan hanya sehari dua hari maka anda bisa memilih jenis daypack yaitu backpack berukuran 20 hingga 30 liter.

Sesuaikan dengan waktu selama liburan. Bila lebih lama maka bisa menggunakan tas ransel jenis semi-carrier dengan ukuran 35 hingga 40 liter. Dan bila waktu liburan cukup lama anda bisa membawa carrier yang berukuran 45 hingga 80 liter.

2. Bawa perlengkapan sesedikit mungkin

Jangan memikirkan bergaya di tempat liburan. Untuk seorang Backpacker bisa “survive” itu lebih utama dibanding bergaya. Bawa baju yang dapat dikenakan seharian bahkan sampai malam.

Bila anda seorang wanita maka tidak usah membawa aneka macam pernik misalnya gelang dan kalung. lebih penting malah membawa kacamata hitam sebagai pelindung mata serta sunscreen sebagai pelindung kulit.

3. Uang saku

Backpacker memang dipilih karena dana perjalanan yang mepet. untuk itu biaya untuk penginapan, angkutan, dan makan mesti disiapkan serendah mungkin.

Bukan hal aneh jika para wisatawan penggendong ransel ini sering bermalam di hostel. Menyantap makanan di tepi jalan atau transportasi yang kadang malah nebeng truk.

4. Bawa obat-obatan pribadi

Meski sudah membaca kondisi tempat wisata yang akan dikunjungi namun Anda tak akan tahu pasti kondisi perjalanan ke sana. Naik bus ekonomi, bermalam di penginapan murah atau makan di kedai pinggir jalan. Karenanya obat-obatan pribadi tidak boleh sampai ketinggalan.

Bahkan anda pun harus membawa lotion anti nyamuk ketika perjalanan Anda akan melewati kawasan hutan atau rawa-rawa dan juga ketika bermalam di penginapan murah meriah. Beberapa jenis vitamin pun perlu untuk meningkatkan stamina tubuh.

5. Keluar dari zona nyaman

Setiap orang tentu ingin makan enak, istirahat dengan nyaman dan shoping semaunya ketika berlibur. Namun bagi seorang backpacker sejati hal itu kurang menantang.

Anda harus berani melakukan hal-hal di luar kebiasaan yang hasilnya malah akan memuaskan.

6. Buka mata

Sangat penting untuk mengetahui kondisi lingkungan selama perjalanan. Catat setiap jalan, setiap tempat dan juga arah supaya anda tak tersesat.

Bermanfaat pula mempelajari masyarakat setempat baik itu budayanya, bahasanya dan hukum di sana. Hal ini akan menjadi buah tangan yang paling berharga dari perjalanan anda.

Memilih menjadi seorang Backpacker memang butuh kesiapan mental dan stamina. Pilihan ini cocok bagi mereka yang suka tantangan termasuk juga anda.