Trans Studio Makassar

11 Tempat Wisata Populer di Makassar

Kota terbesar di kawasan Indonesia Timur adalah kota Makassar. Di sini banyak tersedia tempat wisata yang menarik dan cukup populer. Sangat disayangkan jika anda berkunjung ke ibukota Sulawesi Selatan ini tanpa menikmati keindahan panorama yang ditawarkan oleh wilayah.

Selain terkenal dengan pantainya, Makassar juga memiliki obyek menarik yang dapat anda kunjungi saat liburan yang berupa air terjun, wahana permainan berteknologi tinggi, pegunungan kapur dengan goa yang menawan serta bangunan bersejarah.

Wisatawan yang datang ke sini pasti puas dan terkesan dengan kombinasi antara kota modern dengan keindahan alami yang ditawarkan.

Apa saja tempat wisata populer yang dapat anda kunjungi di wilayah Makassar di Sulawesi tengah? Berikut ini rekomendasi dari kami.

Adapun yang menarik di sini adalah:

1. Trans Studio Makassar

Trans Studio Makassar

Wahana permainan yang mengedepankan teknologi ini merupakan group dari Trans Studio Bandung. Bahkan yang di Sulawesi ini adalah yang pertama kali didirikan. Sistem tiket pass dengan harga Rp. 10.000,- sebagai akses awal merupakan ciri khas dari group Trans ini.

Jika anda ingin mencoba permainan yang tersedia, tempat wisata ini buka setiap hari. Di hari biasa (weekdays) tiket masuk Trans Studio sebesar Rp. 100.000,- sedangkan saat akhir pekan dan hari libur nasional tarifnya sebesar Rp. 150.000,-. Harga tiket masuk ini berlaku di tahun 2015.

Di sini tersedia 15 wahana permainan + 6 wahana utama yang menjadi andalan. kami akan mengulasnya secara terpisah untuk anda.

2. Pantai Losari

Tempat wisata paling populer di Makassar ini berupa pantai modern yang sangat indah. Tempat ini bahkan sempat dikenal sebagai obyek dengan resto pinggir laut terpanjang di dunia. Sayangnya telah terjadi relokasi terhadap resto-resto tersebut demi kepentingan penataan ulang yang lebih menarik.

Pantai Losari masih berada di dalam kota dan dapat ditempuh sekitar 30 menit dari pusat kota Makassar. Karena lokasinya strategis, banyak juga pebisnis yang datang dalam rangka pengembangan usaha menginap di kawasan Losari ini.

Yang paling disuka oleh wisatawan yang datang ke pantai ini adalah keindahan sunset yang selalu jatuhnya tepat di garis cakrawala. Tidak heran jika sore tiba, para fotografer pemburu sunset berjejer di sepanjang pantai untuk menanti moment terbaik ini.

3. Bugis Waterpark

Sensasi dunia air alam Bugis adalah yang ditawarkan oleh water adventure ini. Lokasi tempat wisata ini berada di kompleks perumahan Bukit baruga di kota makassar.

Ada 6 wahana utama di kolam renang tematik ini yaitu: Multi slide & free fall, Lazy river, Main Pool, Kids Pool, Body slide & Rafting slide, dan whirpool. tiket masuknya juga dikenal cukup murah dan sering mengadakan promo khusus. Tiket masuk Bugis Waterpark sebesar Rp. 50.000,- hingga Rp. 125.000,-.

4. Gowa Discovery Park

Ada 3 wahana populer di obyek wisata yang lokasinya berada di ds. Sapiria, kecamatan Sombu Opu, Kabupaten Gowa di Makassar. Tempat ini memang berada di perbatasan kota. Wahana yang tersedia yaitu: Waterboom, Treetop dan Taman burung.

Jika anda menggunakan tiket terusan untuk ketiga wahana tersebut maka harga tiket masuknya sebesar Rp. 100.000,-. Jika anda baru pertama kali berkunjung ke sini, kami sarankan untuk membeli karcis terusan. tetapi jika sudah beberapa kali, silakan membeli secara terpisah per wahana. taman rekreasi keluarga ini sangat cocok jika anda berwisata bersama anak-anak.

Karena koleksi taman burungnya cukup lengkap, disamping kegiatan utama berenang di waterboom dengan berbagai tema.

5. Pulau Samalona

Keindahan alam yang hampir hilang ini berada tepat 2 KM di seberang pantai Losari. Mengapa kami sebut tempat wisata ini hampir hilang? Karena abrasi yang terjadi di pulau kecil di bagian barat kota Makassar ini cukup parah. Makin lama pulau ini makin mengecil karena tenggelam.

Konon diperkirakan pada tahun 2020, pulau Samalona yang disebut-sebut sebagai kembaran pulau Lombok ini tidak dapat ditemukan lagi. jadi, sekarang ini adalah kesempatan bagi anda berlibur di pulau ini. Taman lautnya yang indah dan sangat bersih sangat sayang untuk dilewatkan oleh wisatawan.

6. Taman laut Taka Bonerate

Lokasinya berada di sebelah barat makassar, tepatnya di kepulauan Selayar. Tahukah anda bahwa tempat wisata Taka Bonerate ini memiliki atol terbesar nomer tiga di dunia? Ini berarti terumbu karang yang tersedia cukup luas dan sudah dapat dipastikan dipenuhi oleh hewan laut yang beragam.

Jika anda pecinta diving maupun snorkeling, tempat ini adalah wilayah paling tepat untuk disambangi. Konon yang datang ke sini lebih banyak turis asing daripada wisatawan domestik. Walaupun bisa ditempuh dengan perjalanan darat menuju Bulukumba selama 5 jam atau sekitar 150 KM , tetapi disarankan anda menggunakan pesawat terbang karena tersedia landasan kecil di kepulauan Selayar ini.

7. Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung

Lokasi tempat wisata ini berada di kabupaten Maros, dan dapat ditempuh sekitar satu jam dari Makassar (45 KM). Cukup dekat, bukan? Jika datang ke sini, ajaklah anak anda. Karena taman nasional ini merupakan surga bagi 250 jenis kupu-kupu yang sangat indah.

Selain melihat koleksi kupu-kupu di alam bebas, di sini anda juga dapat menelusuri goa indah yang berada di pegunungan kapur. Stalagtit dan Stalagmit yang ada di dalam goa hampir menyambung, tanda bahwa umur goa ini sudah berumur tua dan telah ada sejak ratusan tahun yang lalu.

8. Pantai Tanjung Bira

Lokasi tempat wisata ini cukup jauh dari kota Makassar, yaitu sekitar 210 kilometer atau sekitar 5 jam perjalanan dengan menggunakan mobil. Jangan kuatir dengan perjalanan yang panjang ini. Selain anda akan menemukan pemandangan indah dengan jalan berkelok, saat sampai di tujuan pasti anda akan kaget dan rasa lelah menjadi sirna.

Pantai Tanjung Bira yang berada di ujung selatan pulau Sulawesi ini dikenal sebagai pantai pasir putih terpanjang di Sulawesi. Jika anda naik pesawat, maka obyek ini terlihat jelas. Perpaduan warna biru laut dan putihnya pasir seolah menjadi bentangan alam kontras yang sangat memukau jika dilihat dari udara.

Jika berlibur ke Tanjung Bira, sekalian anda kunjungi pula taman laut Taka Bonerate, ya.. karena dermaga penyeberangan menuju kepulauan Selayar juga tersedia di wilayah ini.

9. Malino

Suatu kawasan wisata yang berjarak sekitar 90 Kilometer dari kota Makassar. Di kawasan ini banyak tersedia tempat menarik yang berupa keindahan alam seperti air terjun dan perkebunan teh di pegunungan sejuk yang memiliki panorama cantik dan menakjubkan. Salah satu yang terkenal adalah air terjun Takapala.

Anda seharusnya memutuskan untuk menginap di hotel dan villa yang tersedia di kota bunga ini. Dan pastikan juga mengunjungi hutan pinus yang sangat menawan dengan merasakan embun pagi yang menempel di pipi kala pagi hari.

Kegiatan yang seru lainnya bagi wisatawan di kawasan Malino ini adalah tea walk yaitu olah raga pagi menyusuri perkebunan teh. Makanya kami sarankan untuk menginap di kawasan yang sejuk dan hijau mirip Ubud di Bali ini.

10. Wisata Sejarah ke Benteng

Wisata Sejarah ke Benteng Fort Rotterdam, Benteng Somba Opu, Museum Kota Makassar, dan Museum La Galigo. Anak sekolah biasanya melakukan study tour ke tempat-tempat tersebut.

Selain berguna untuk mengenal masa perjuangan saat zaman penjajahan dahulu, di museum dan benteng yang saya sebutkan tersebut memiliki beberapa spot fotografi yang menarik.

Tidak heran jika di saat musim libur, kawasan ini dikunjungi oleh banyak wisatawan domestik dan mancanegara yang menenteng kamera canggih berukuran besar, hanya untuk memperoleh hasil foto yang memukau di sekitar Benteng.

11. Pulau Gusung Tallang

Nikmati kenyamanan berlibur di pulau Lae-lae kecil (sebutan lainnya) dengan berenang dan berjemur serta menyelam melihat keindahan taman laut. Lokasinya cukup dekat dengan kota Makassar.

Anda cukup menyeberang dari dermaga Kampung Popsa yang dekat dengan pantai Losari. Pulau Gusung Tallang ini juga merupakan tetangga dari pulau Samalona yang akan tenggelam tersebut.

Demikianlah ulasan obyek menarik yang ada di sekitar ibukota Sulawesi Selatan yang wajib anda kunjungi saat liburan. Rasanya jika ingin mengunjungi semuanya, maka dibutuhkan waktu minimal lima hari agar anda dapat maksimal menikmatinya.