Prambanan

Prambanan, Candi Hindu Terbesar di Asia

Jika Anda mendengar Candi Prambanan, Anda pasti akan langsung teringat dengan indah dan bersahabatnya Yogyakarta. Iya benar, Candi Perambanan adalah Candi Hindu terbesar di Asia yang terletak di Yogyakarta, yang saat ini menjadi magnet bagi setiap wisatawan yang berkunjung / berwisata ke Yogyakarta.

Candi Perambanan terletak tidak terlalu jauh dari Candi Borobudur yang merupakan Candi umat Budha terbesar saat ini. Letak yang berdekatan tersebut memberikan isyarat kepada kita bahwa Budha dan Hindu pada jamannya memang hidup berdampingan. Sebagian besar masyarakat memang memeluk kepercayaan Hindu Budha pada saat itu.

Prambanan

Legenda yang terkenal jika kita ingat dengan Candi Prambanan adalah legenda Roro Jongrang. Sebuah kisah yang sangat legendaris di Indonesia mengenai asal – usul berdirinya candi Prambanan. Dikisahkan bahwa pada jama dahulu, hiduplah seorang anak muda yang gagah dan perkasa dengan nama Bandung Bondowoso.

Dia ingin menikahi putri cantik Roro Jonggrang, dimana sang raja ayah putri juga menyetujui hal itu. Namun Sang putri belum siap untuk hidup bersama Bandung Bondowoso, namun dia juga tidak dapat menolak kehendak ayahnya.

Setelah memikirkan cara yang tepat untuk menolak Bondowoso dengan hati – hati, ia akhirnya mendapatkan cara agar penolakannya tersebut lebih halus dengan memberikan syarat. Syaratnya adalah, Bondowoso harus mendirikan 1000 candi dalam satu malam dan sebelum matahari terbit dan ayam jantan berbunti, candi tersebut harus selesai.

Rorojonggrang yakin bahwa mendirikan 1000 candi dalam satu malam itu adalah hal yang mustahil. Namun, berkat kemampuan dan kesaktian yang dimiliki oleh Bondowoso, sebelum fajar, dia telah mendirikan 999 candi.

Rorojonggrang kemudian panik melihat hal tersebut. Dia langsung memberikan perintah untuk penduduk desa agar membunyikan suara kentungan agar ayam jantan berbunyi yang menandakan hari telah pagi.

Begitu kecewanya Bondowoso ketika ia tidak bisa menyelesaikan pekerjaannya itu. Lebih kecewa lagi ketika Roro Jonggrang sengaja membunyikan kentungan tersebut yang membuat ayam jantan berkokok. Roro Jonggrang kemudian dikutuk oleh Bondowoso menjadi batu. Dimana patung tersebut saat ini masih ada di Prambangan.

Candi Prambanan ini didirikan pada abad ke 9. Candi yang terbesar dibangun dan didedikasikan untuk Siwa, dewa yang dipuja oleh umat hindu sebagai dewa yang berfungsi sebagai pelebur. Sedangkan candi yang lebih kecil yang berada sebelah kiri dan kanannya adalah candi yang dibangung untuk dewa Wisnu dan Brahma. Candi Prambanan yang paling tinggi mencapai 47m. Puncaknya pun terlihat dari kejauhan.

Setelah beratus – ratus tahun Candi ini ditelantarkan, akhirnya ditemukan kembali pada tahuni 1733 oleh seorang yang barasal dari Belanda yang bernama CA Loans. Saat ini, candi Prambanan sudah ditata dengan begitu rapi dan dianggap sebagai peninggalan Hindu paling indah yang ditemukan di Indonesia.

Kemegahan, kompleksitas dan desain yang terintegrasi yang ada pada Candi Prambanan ini membuat struktur Candi Prambanan sangat menakjubkan. UNECSO menobatkan Prambanan sebagai salah satu budaya warisan dunia pada tahun 1991 karena Prambanan merupakan sebuah keajaiban budaya yang ditinggalkan oleh nenek moyang kita di Nusantara.