Candi Borobudur

Liburan ke Candi Borobudur? Baca Info Ini

Candi borobudur adalah Candi yang terbesar umat Budha yang terdaftar dalam 7 keajabian dunia. Candi Borobudur dibangung pada abad ke-9 pada jaman kerajaan Syailendra. Candi ini didesain menggunakan arsitektur Gupta yang mencerminkan ada pengaruh India pada setiap ornamen – ornamen yang ada masing – masing Candi.

Namun, ada beberapa ornamen yang memang sengaja dibuat dengan kekhasan adat Nusantara pada saat itu, sehingga Candi yang dibagun benar – benar memiliki nuansa Nusantara.

Candi Borobudur

Candi Borobudur memang benar – benar sebuah keajaiban dunia. Jika Anda berkunjung ke Borobudur, Anda akan dapat memahami mengapa Candi Borobudur disebut sebagai salah satu keajaiban dunia dan menjadi daya tarik wisatawan yang paling banyak di Indonesia.

Candi Borobudur terletak di sebelah utara kota Yogyakarta. Jika Anda berangkat dari Yogyakarta, diperlukan waktu sekitar 45 – 60 menit ke arah utara agar Anda sampai disana. Terletak diketinggian dan menghadap ladang – ladang yang hijau dan subur serta dikelilingi perbukitan yang jauh, Candi Borobudur tampak begitu mempesona dan megah.

Borobudur terletak di wilayah dengan luar 123 meter x 123 meter, dimana didalamnya terdapat 504 patung Budha, 2.672 relief. Arsitektur Candi ini tidak menggunakan perekat sama sekali.

Masing – masing bagian diletakan begitu saja, dengan struktur dan bentuk yang telah dibuat, persis seperti menyusun lego, diangkat dan diletakan secara bersamaan sesuai denga struktur yang telah ditentukan.

Walaupun demikian, Candi ini tetap berdiri kokoh walaupun selama sepuluh abad tidak pernah diperhatikan karena terkubur didalam abu vulkanik dan ditemukan kembali pada tahun 1815.

Kemudian pada tahun 1970-an, pemerintah Indonesia bekerjasama dengan UNESCO bekerjasama mengambalikan kembali Borobudur seperti semula dan memerlukan waktu delapan tahun.

Jika Anda ingin berkunjung ke Borobudur, kebanyakan wisatawan biasanya memilih tempat menginap di Yogyakarta. Mengingat jarak dari Yogya ke Borobudur hanya menempuh waktu 1 jam perjalanan.

Di Yogyakarta tentu Anda bisa menentukan mau tinggal di hotel yang sederhana atau hotel bintang lima. Tergantung kebutuhan dan budget Anda tentunya. Namun jika Anda ingin menginap dekat dengan lokasi Candi, Anda juga bisa menemukan beberapa akomodasi hotel disana.

Cara terbaik yang bisa Anda lakukan untuk melakukan explorasi dan melihat relief – relief indah disetiap sisi bangunan yang ada pada Candi adalah berjalan kaki. Anda akan menaiki beberapa anak tangga sebelum Anda sampai pada puncak Candi tersebut.

Disetiap dinding pada candi Anda akan menemui berbagai jenis relief dengan cerita – cerita kuno yang mengandung pesan. Disitulah Anda dapat belajar sejarah dengan mengetahui makna dari setiap cerita pada relief tersebut.

Jika Anda membutuhkan pemandu wisata, Anda bisa membayar sebesar 50.000. Pemandu wisata akan mengantarkan Anda berkeliling candi dan menceritakan setiap sudut informasi yang perlu Anda ketahui. Bagi Anda yang mengajak anak – anak, ada rumput hijau yang luas bagi mereka bermain diseputran Candi. Jadi selain belajar tentang sejarah, mereka juga bisa sambil bermain di Borobudur.