Danau Telaga Warna Puncak

Danau Telaga Warna Puncak Yang Indah

Bagi masyarakat Bogor dan Cianjur pastinya pernah berkunjung wisata ke kawasan puncak. Puncak pass menjadi pembatas antara kota Bogor dan Kota Cianjur, jadi dari kawasan Cipanas tidak memerlukan waktu yang lama sekitar 10 menit menggunakan kendaraan melewati jalan nasional.

Di Kawasan ini terdapat sebuah danau indah yang bernama Telaga Warna yang merupakan salah satu wisata alam di Bogor yang sangat ramai dikunjungi wisatawan.

Danau Telaga Warna Puncak

Legenda dan Mitos

Keindahan alam yang tiada duanya dari danau ini, ternyata tersembul mitos dan legenda yang unik. Mitos yang beredar di kawasan wisata ini adalah awal terbentuknya Telaga Warna Puncak adalah karena kesedihan raja dan permaisuri Kutatanggeuhan yang hingga kini diyakini berada di sekitar gunung Lemo dan Megamendung.

Adapula pendapat yang menyebutkan bahwa danau di Telaga Warna berasal dari luapan kesedihan Prabu Suarnalaya dengan permaisurinya Purbamanah, atas kelakuan dan perlakuan kasar anaknya bernama Putri Ayu Kencana Ungu atau lebih di kenal dengan sebutan Nyi Ajeng Gilang Rinukmi.

Walaupun cerita ini hanya sebuah legenda dan mitos masyarakat dahulu tapi hingga kini cerita tersebut seolah-olah tidak bisa di pisahkan di balik keindahan Talaga Warna di Puncak Bogor ini.

Akses dan Fasilitas di Telaga Warna Puncak

Jika anda berangkat dari kota Jakarta, maka tempat wisata Danau telaga Warna ini berjarak 86 KM, dan makanya tidak dapat disebut sebagai bagian dari wisata Jakarta, karena terlalu jauh. Tempat ini lebih cocok disebut sebagai bagian dari wisata Bogor karena akses menuju lokasi obyek ini hanya berjarak 27 KM.

Puncak sendiri merupakan kawasan terpadu yang dimanfaatkan sebagai area perkebunan teh pilihan sedangkan area yang masih kosong dan pemandangan yang indah dijadikan sebagai objek wisata sehingga setiap hari selalu ramai dikunjungi wisatawan terutama pada hari libur nasional.

Walaupun banyak destinasi wisata di puncak seperti gunung mas dan gantole, anda bisa mencoba sensasi di danau Telaga Warna yang masih satu kawasan wisata Puncak. Danau ini dikelola oleh Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) dengan luas lahan sekitar 268,25 Ha.

Turis lokal maupun mancanegara banyak berdatangan ke danau indah ini untuk melihat pemandangan alam yang mempesona, kebun teh dan pemandangan Telaga Warna yang disambangi udara dingin nan sejuk. Para wisatawan biasanya melakukan kegiatan foto-foto dan bersantai di bawah pohon rindang ditemani dengan minuman bandrek dan kopi, atau bermain wahana outbound seperti Flying Fox dan rintangan yang terbuat dari tambang menyerupai sarang laba-laba.

Berbagai fasilitas yang cukup lengkap juga tersedia diantaranya adalah mushola, toilet, arena keluarga dan kios-kios yang menjual makanan maupun pusat oleh-oleh. Yang cukup unik, di sini juga tersedia souvenir berbentuk guci atau keramik hias. Tetapi dengan koleksi yang tentu saja tidak sebanyak keramik di Pajak Singkong Belawan (Silakan baca artikel tempat belanja murah di Medan).

Di sini pula kadang kita sering melihat berbagai satwa yang menarik seperti surili, kera abu-abu dan lutung. Namun anda harus berhati-hati jika wisata ke sini, sangat tidak dianjurkan datang sendirian karena suatu saat satwa di sini menghampiri anda.

Tak cukup dari sana, setelah puas menikmati keindahan telaga warna anda bisa langsung mengunjungi wisata gantole yang tidak jauh dari kawasan ini. Gantole sendiri merupakan bagian dari atraksi terjun parasut yang mempesona. Anda bisa melihat keindahan kota Bogor dari ketinggian di udara, termasuk melihat hamparan kebun teh berwarna hijau dan para pemetik pucuk teh menambah suasana lebih mempesona.

Sebelum masuk ke kawasan gantole anda diwajibkan membayat tiket masuk sebesar 15.000 untuk motor dan 25.000-30.000 untuk kendaraan roda empat.

Sebelum ke area utama, terdapat lahan parkir, toilet dan deretan kios-kios yang menjual aneka makanan dan minuman beserta sebagian lainnya menjual cendera mata dengan harga yang beragam. Dari lokasi parkir, anda harus berjalan kaki sekitar 100 meter menanjak melewati beberapa anak tangga.

Dan setelah sampai di sana bisa menyaksikan bagaimana penorama pegunungan, danau Telaga Warna yang indah dan keindahan alam di Puncak lainnya, termasuk kota Bogor, dengan udara sejuk membuat wisatawan betah.

Jika anda ahli memainkan parasut maka tidak ada salahnya mencoba langsung dari kawasan gantole ini dengan syarat peralatan di bawa sendiri dari rumah, atau menyewa, tetapi harus merogeh kocek yang lebih dalam.