Pulau Bidadari

Asyiknya Berwisata Ke Pulau Bidadari

Elok dan mempesona tentulah menjadi dua kata yang tepat untuk menggambarkan pulau Bidadari di gugusan Kepulauan Seribu di utara Jakarta. Mungkin tidak banyak yang mengenal Pulau cantik ini. Pengunjung umumnya lebih sering ke Pulau Tidung.

Untuk menuju ke sana Anda bisa menempuhnya cukup dengan waktu 20 menit bila bertolak dari Pantai Ancol naik kapal motor. Ongkosnya dari Rp.160 ribu sampai Rp.200 ribu namun itu bisa ditanggung oleh beberapa orang atau dengan mengajak anggota keluarga.

Pulau Bidadari

Menara Martello

Beberapa peninggalan masa lampau tepatnya zaman VOC dan yang masih bertahan adalah Menara Martello. Bangunan benteng dengan menaranya ini adalah salah satu daya tarik Pulau Bidadari.

Tak berapa jauh dari lokasi ini tumbuh sepasang pohon besar yang tinggi menjulang dan rimbun yang dinamakan pohon jodoh. Spot ini seringnya digunakan menjadi lokasi sesi foto pre-wedding.

Bangunan benteng yang tak begitu besar berbentuk lingkaran tersebut cukup eksotis sebagai latar belakang foto pranikah pasangan muda-mudi.

Resor Panggung

pulau Bidadari pun menawarkan sejumlah resor yang dapat digunakan bermalam. Di pulau ini berdiri resor di atas laut. Jembatan kayu digunakan agar para tamu bisa sampai ke dalam kamar.

Bermalam di resor ini mungkin setara dengan menginap di perkampungan nelayan. Bila liburan akhir pekan tiba maka penginapan ini akan sesak oleh para tamu.

Namun tak semuanya berbentuk panggung, masih ada beberapa penginapan yang menapak ke tanah.

Aneka Aktifitas mengasyikkan

Cukup dengan kamera, Anda dapat meng-eksplor pulau ini yang luasnya cuma sekitar 6 hektar dan mengabadikan panorama indah yang tersaji. Tak perlu waktu lama untuk mengelilinginya, cuma 2 jam seluruh pulau sudah tuntas dijepret.

Pulau Bidadari memang bukan spot yang pas untuk aktifitas snorkeling ataupun menyelam sebab masih cukup dekat ke Jakarta yang masih memperoleh imbas limbah ibukota. Namun pengunjung tak usah kecewa sebab pulau ini memiliki alternatif lain berupa water sport yang seru seperti banana boat, jetski serta kano.

Pengunjung pun dapat merasakan serunya bersantai di kursi panjang yang tersedia di pinggir pantai. Untuk mereka yang tertarik bermain dengan lumba-lumba, di sinilah lokasi penangkaran lumba-lumba. Di tempat ini pun disediakan terapi autisme menggunakan lumba-lumba khusus untuk anak-anak dengan biaya Rp.150 ribu untuk 30 menit.

Pulau Bidadari memang sebagai pintu gerbang berlibur ke kepulauan Seribu. Dari sini para wisatawan bisa mengunjungi beberapa pulau lain yang lebih dulu populer seperti pulau Tidung, pulau Untung Jawa, pulau Pramuka dan beberapa pulau lain.

Namun bila wisatawan ingin melakukan One Day Tour maka sudah tersedia angkutan pulang pergi dari dermaga Marina Ancol. Selamat berwisata bahari!