Pantai Kuta Bali

9 Alasan Wisatawan Suka Pantai Kuta Bali!

Berlibur ke pulau Bali rasanya tidak lengkap dan sah jika belum mengunjungi pantai Kuta. Bahkan sebagian besar wisatawan menjadikan kawasan ini sebagai lokasi basecamp untuk menginap. Ada banyak alasan yang mereka ungkapkan sehingga memilih tempat wisata paling populer di Bali ini sebagai salah satu agenda kunjungan.

Walaupun kedatangan ke pulau ini sudah yang ke sekian kalinya, dan walau kepentingannya untuk bisnis, pantai Kuta tetaplah tidak luput untuk disinggahi walau cuma sebentar. Apakah daya tariknya sehingga seolah menjadi “magnet” yang kuat untuk menarik pengunjung? Ayo kita bahas alasannya.

Pantai Kuta Bali

Adapun kelebihan dan daya tarik pantai Kuta di mata wisatawan yang datang ke Bali diantaranya:

  1. Aktifitas wisata yang cukup beragam di pantai Kuta. Bagi anda yang suka berselancar, tempat ini adalah yang paling populer di Bali. Selain itu juga bisa berenang, bermain volley pantai, berjemur, membuat tatto temporary, pijat, dan bagi anak-anak bisa juga bermain istana pasir serta mengunjungi penangkaran penyu. Bagi penggemar fotografi, sunset di tempat ini salah satu yang disukai karena biasanya matahari terbenam hingga menyentuh garis cakrawala (saat cuaca cerah).
  2. Merupakan area yang memiliki pilihan sarana akomodasi paling banyak dan lengkap di Bali. Apalagi area Kuta cukup luas, meliputi kawasan pinggir pantai, Legian, Seminyak, Kerobokan. Dan masing-masing dipenuhi hotel dari harga murah hingga yang mahal. Jenisnya juga beragam, termasuk villa, apartemen, resort, homestay (losmen) dan bahkan tempat kost dan rumah sewa.
  3. Lokasi wisata dengan akses paling mudah (strategis) dan dekat Bandara Ngurah Rai Bali. Pantai Kuta dapat ditempuh dalam waktu sekitar 10-15 menit dari bandara ini. Akses yang mudah seperti ini cukup penting bagi wisatawan, agar meminimalisir kemungkinan ketinggalan pesawat akibat kemacetan, saat ingin pulang ke kota atau negaranya masing-masing. Selain itu, lokasi Kuta Bali dikatakan strategis karena sebagian besar obyek wisata di pulau ini yang terkenal berada di wilayah Selatan.
  4. Kemudahan mencari tempat makan. Kuliner berbagai jenis, rasa, dan asal daerah maupun negara, sangat mudah ditemukan di wilayah Kuta. Bagi turis asing yang tinggal cukup lama di Bali, kondisi makanan yang beragam yang dijual di resto-resto pinggir pantai maupun di jalan Legian, terutama resto masakan ala barat maupun Timur Tengah, sangat mereka sukai. Kadang lidah turis mancanegara kurang cocok dengan masakan lokal.
  5. Keamanan di wilayah Kuta secara umum cukup terjamin. Sangat jarang terdengar kejadian tindak kriminal yang terjadi di sekitar pantai maupun di area yang ada di sekelilingnya.
  6. Pantai Kuta disukai oleh wisatawan karena menawarkan hiburan yang paling lengkap dibanding wilayah lain. Jika ingin hiburan malam seperti cafe, bar, diskotik, karaoke dan bahkan Spa, wilayah ini menyediakannya dengan berbagai harga dan jenis layanan. Banyak wisatawan asing yang berpendapat bahwa: “In Kuta Bali, everyday is always party”.
  7. Bagi wisatawan yang menyukai aktifitas belanja, wilayah Kuta menyediakannya secara lengkap. Ada beberapa mall terbesar di Bali yang berada di pinggir pantai populer ini. Yang paling terkenal adalah Discovery mall dan Beachwalk mall. Jika ingin berbelanja barang-barat seni, Kuta art market yang berada di samping Discovery mall merupakan tempat yang cukup lengkap. Jika anda membandingkan dengan harga yang ditawarkan di pasar Sukowati maupun pasar seni yang ada di wilayah Ubud, memang yang di Kuta ini sedikit lebih mahal. Tetapi jika produk yang dibeli tidak banyak, mengapa harus pergi jauh hingga ke Ubud? Biaya transportasi yang dikeluarkan akan lebih besar jika anda berbelanja ke Sukowati.
  8. Kawasan pantai berpasir putih ini bisa dibilang cukup bersih. Seberapa banyak pengunjung yang datang hingga malam hari dan meninggalkan banyak sampah berserakan, maka keesokan paginya terlihat bersih dari tumpukan sampah. Pemerintah daerah Bali cukup peduli dengan kebersihan pantai Kuta ini.
  9. Sarana ibadah berbagai agama cukup lengkap di area Kuta. Walaupun Bali dikenal dengan pulau Sejuta Pura, tetapi anda cukup mudah menemukan masjid dan gereja, dan bahkan klenteng. Jadi tidak ada halangan bagi pengunjung yang ingin menjalankan ibadah agamanya.

Jadi, bagi anda yang selama ini bertanya-tanya: “Apakah yang dapat dilakukan di pantai Kuta Bali?” Atau “Mengapa wilayah ini sangat terkenal dan disukai?” Atau mungkin berfikir: “Apa sih kelebihan tempat ini dibanding obyek lainnya?” Maka sembilan alasan di atas diharapkan cukup menjawab pertanyaan anda.